Powered By Blogger

Senin, 14 Maret 2011

5W + 1H BLOGGING


Terinspirasi dari pelajaran dibangku SMP mengenai 5W + 1H. Pasti Anda bertanya-tanya apa itu 5W + 1H,  jawabannya adalah what, where, when, who, whom, dan how. Dan ternyata tidak hanya dalam mata pelajaran SMP atau pada pelajaran saja 5W + 1H dapat diterapkan Pada blogging pun hal tersebut dapat diaplikasikan, benarkah ? Langsung saja kita share bareng, ini dia :
1. WHAT
Apa ==> topik / content utama dari blog yg dibuat dan tujuannya. Istilah kerennya, visi dan misi.
Apakah wide topic atau narrow / niche-specific. Apakah untuk sekedar untuk asik-asik aja, memamerkan produk, memusuhi produk, dsb. Ini adalah langkah utama yg harus jelas karena akan berkaitan dng poin* yg lain.
Kebanyakan blogger membuat blog secara asal. Pokoknya tinggal cari topik (biasanya yang high-paying keyword) dan posting. Ini adalah kesalahan dasar yang sering dilakukan karena meskipun blog anda memiliki konten terfokus sekalipun, konsepnya tidak akan jelas(termasuk blog Zenasys ini) haha .
2. WHO
Siapa ==> siapakah si blogger / penulis / pemilik blog. Bagaimana karakteristik, sifatnya, dll.
Pada awalnya, blog disamakan dengan diary. Dengan membaca blog milik orang lain, sedikit banyak kita tahu karakteristik dari pemilik blog tersebut. Hal ini pun sebenarnya HARUS diberlakukan pada blog* yg adsense-oriented karena akan memberikan nyawa dan karakteristik sendiri terhadap blog tersebut.
Sebagai contoh, liat Engadget, Boing-Boing, dll. Mereka punya style yang berbeda. Dan yang paling penting, tidak datar alias mati.
Bagaimana membentuk karakteristik ini harus ditilik dulu dari poin sebelumnya. Dari sana kita bisa perkirakan, kira-kira karakteristik apa yang cocok. Tidak ada yg melarang Anda untuk TIDAK menjadi diri anda sendiri di blog, walopun tentu, disarankan untuk be yourself.
Contoh karakteristik blogger: sinis, sok pintar, bego, romantis, dsb.
Saya lupa, tapi aku pernah baca sebuah blog yg memiliki gaya penulisan yang bener” unik, yaitu menggunakan kata ganti orang ketiga. Ini bisa dimasukkan ke dalam karakteristik di atas. Jadi tidak hanya sifat saja, tapi juga cara penulisan.
Kenapa susah” membentuk karakter?
Karena ini akan membuat visitor anda merasa bahwa mereka berhadapan dng orang, bukan mesin yg sekedar melakukan CTRL+C CTRL+V. Ini membuat mereka merasa nyaman dan betah membaca tulisan Anda (semoga :P)
3. WHO
Siapa ==> target visitor anda
untuk menentukan poin 2, tentunya Anda juga harus tau siapa target visitor Anda dan bagaimana kira” karakteristik mereka. Jangan menulis tentang musik klasik tentang dengan karakter dan cara penulisan yang kasar dan menggebu”. Gak nyambung kan?
4. HOW
Bagaimana ==> bagaimana menulis posting / artikel / berita
Poin 4 adalah implementasi dari ketiga poin di atas. Setelah kita mendapatkan karakter yang kita mau, terapkan dalam posting yang kita buat. If you play smart, make people think that you’re really smart. Vice versa. So on. Libatkan diri anda sebisa mungkin dalam tulisan yang dibuat, termasuk keluarga, teman, tetangga, musuh, artis, bahkan presiden sekalipun. Libatkan perasaan anda. Tunjukkan bahwa anda benar” menulis apa yg anda rasakan, bukan sekedar yang anda tau.
Jangan lupa, Anda TIDAK HARUS mencintai topik yang anda tulis. Anda bisa saja menulis karena MEMBENCINYA. Dan karena anda membencinya, tunjukkan bahwa anda benci. Maki” kalo perlu.
Yang diatas sekedar contoh aja smile 5W + 1H Untuk Blogging intinya adalah libatkan diri dan perasaan anda sesuai dng poin 1 dan 2. Beri nyawa pada tulisan anda.
5. WHEN
kapan ==> cari waktu yg tepat untuk mempublish artikel anda
ini sebenarnya adalah tehnik advance. Setiap topik memiliki waktu publish efektif yang berbeda”, tergantung dari poin 3 di atas, yaitu visitor. Cara paling gampang untuk mempelajari ini adalah melalui statistik situs (Site Meter, Extreme Tracking, Google Analytic, dll).
contoh: situs tentang teknologi/gadget akan mengalami penurunan visitor di akhir minggu, sebaliknya situs tentang entertainment akan mengalami peningkatan di waktu yg sama (berdasar pengamatan pribadi)
tentunya anda baru bisa mengimplementasikan poin terakhir ini jika visitors sudah cukup banyak smile 5W + 1H Untuk Blogging Jadi jangan pikirkan dulu tentang ini sampai blog Anda mapan smile 5W + 1H Untuk Blogging
6. WHERE
gak ada. Emang mestinya 4W + 1H kok biggrin 5W + 1H Untuk Blogging
Bagaimana ? sudah mengertikah maksud dari konsepan diatas ? hehehe hahai
good luck, selamat blogging….         "{[-*Zenasys Corporation*-]}"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar